Rabu, 13 Oktober 2010

APRON AREA

LOAD CONTROL


             I.      DEFINISI  :
Adalah unit yang menerima data- data pesawat dan muatan dari beberapa bagian yang terkait yang kemudian harus dihitung untuk mendapatkan keseimbangan pesawat (weight and balance) yang optimum mengacu pada dua aspek yaitu safety dan economical operation.

          II.      TUJUAN  :
Memberikan panduan tentang aktivitas Load Control dalam menjalankan fungsinya sehingga diperoleh pelayanan yang aman dan benar sesuai ketentuan yang berlaku dan terjalin koordinasi yang baik dan efektif dengan pihak-pihak yang terkait, seperti :
·        Mengusahakan maksimum payload pada suatu penerbangan
·        Menyusun muatan sesuai dengan urutan dan urutan destination load tersebut (Load Instruction)
·        Memperhatikan factor Ramp Safety dan on time performance

       III.      TUGAS DARI LOAD CONTROL :
  • Mempersiapkan registrasi aircraft, crew, pantry, basic weight dan basic index
  • Membuat ideal trim di system atau manual
  • Menerima data CPM dan LDM
  • Membuat loading instruction untuk unloading
  • menerima data actual cargo dari warehouse
  • membuat loading instruction untuk loading
  • menerima fuel dari ramp handling
  • menerima closing penumpang dari check-in 30 menit sebelum keberangkatan


        IV.      RUANG LINGKUP :
            Berlaku untuk seluruh personil yang bertugas menjalankan fungsi sebagai Load Control dan fungsi lain yang terkait langsung dengan Load Control

           V.      REFERENSI :
1)      Airport Handling Manual ( IATA ) 1998
2)      Airline Procedure

        VI.      TANGGUNG JAWAB :
·        Manager Operasi, Kadin Apron terkait (sesuai dengan struktur organisasi cabang) bertanggung jawab atas pelaksanaan proses load control yang berada diwilayah bandara yang menjadi tanggung jawabnya agar berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku
·        Setiap personil yang menjalankan fungsi sebagai Load Control atau fungsi lain yang terkait langsung dengan Load Control, wajib dan bertanggung jawab menjalankan setiap aktivitas dalam panduan ini.

     VII.      PROSEDUR :
Pelaksanaan Load Control mengacu kepada SOP dari Airline, baik proses yang dilaksanakan secara sistem (misal DCS untuk GA) maupun proses yang dilaksanakan secara manual.
Prosedur yang ada memiliki tujuan agar :
·        Weight & Balance pesawat dilaksanakan secara benar dan hasilnya berada dalam batasan (safety area) yang diijinkan.
·        Pembebanan pada pesawat mengacu kepada aturan dari carrier.
·        Informasi yang tercantum dalam Loadsheet sesuai dengan actual load di pesawat.
Untuk  memenuhi tujuan diatas, prosedur mengacu kepada adanya sistem yang dinamakan Load Control, yang didasarkan atas tiga fungsi sebagai berikut :

a.       Fungsi 1 :  Load Planning, Weight & Balance Precalculation & Completion Loading Instruction :
                                       i.      Load Planning, meliputi :
1.      Merekap semua data yang terkait dengan “load”
2.      Merencanakan uplift/discharge dari “load”, yang mengacu kepada kapasitas pesawat yang dilayani
3.      Merencanakan penanganan “special loads” yang mengacu kepada adanya restrictions, maksimum quantities, persyaratan pemisahan tempat, dll.
                                      ii.      Weight and Balance Precalculation, meliputi :
1.      Perencanaan total load untuk pesawat harus dijamin tidak melebihi nilai maksimum yang diijinkan
2.      Membuat precalculation dari weight and balance dari pesawat dan hal ini merupakan mandatory pada pengerjaan loadsheet manual
3.      Precalculation untuk sistem Departure Control System (DCS), dibuat pada saat weight and balance pesawat diperkirakan akan ditutup terkait dengan limit operational.
                                    iii.      Completion Loading Instruction, meliputi :
1.      Menentukan distribusi,
2.      Mencetak Loading Instruction,
3.      Menandatangani Loading Instruction,
4.      Melaksanakan briefing kepada petugas Load Master untuk pemuatan di pesawat.

b.      Fungsi 2 : Supervisi pemuatan ke pesawat  yang mengacu kepada Loading Instruction Report (LIR), meliputi pekerjaan sebagai berikut :
                                       i.      Pastikan ULD dalam kondisi serviceable, menggunakan tag yang benar dan isi dalam kondisi terawasi / aman
                                      ii.      Pastikan lashing/spreading dalam pemakaian yang benar
                                    iii.      Periksa kondisi packaging dari dangerous goods yang akan ditempatkan di bulk
                                    iv.      Pastikan Dangerous Goods dan special loads lainnya disimpan dengan benar
                                     v.      Selama proses penyelesaian, setiap perubahan harus dikonfirmasikan kepada petugas load control

c.       Fungsi 3 : Completing & Checking Loadsheet  terhadap LIR atau dokumen lainnya, Petugas Load Control menandatangani, mencantumkan nama dan unit serta memastikan hal-hal sebagai berikut :
                                       i.      Pastikan dengan benar : DOW dan index yang digunakan untuk Aircraft type, version, jumlah crew dan pantry
                                      ii.      Pastikan dengan benar : jumlah take-off dan trip fuel dengan data pengisian (fuel order)
                                    iii.      Pastikan dengan benar : pengisian data transit load dari loadsheet
                                    iv.      Periksa final loadsheet terhadap data passenger terakhir dan terhadap data loading terakhir (loading instruction/report)
                                     v.      Pastikan posisi aktual loading dari dangerous goods dan special loads lainnya tercantum pada NOTOC
                                    vi.      Pastikan bahwa total traffic load  tidak melebihi dari jumlah yang diijinkan
                                  vii.      Pastikan perhitungan telah dilakukan dengan benar masuk dalam batasan yang diijinkan : perhitungan balance dan kondisi loading di pesawat, termasuk kondisi LMC (jika ada)
Load Control process flow terlampir

  VIII.      Pembuatan Load Message
Up-dating ULD Nbr, Cargo, baggage, Aktual fuel sesuai kondisi aktual terakhir, selanjutnya mengirim LDM/CPM/CLI

        IX.      Pembuatan Laporan
Membuat daily journal report, filing laporan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar